Budaya dan Kebudayaan Indonesia

Indonesia

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 237 juta jiwa pada tahun 2010, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Ibu kota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Pengertian Budaya

Kata Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, Budhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Ada pendapat lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi.

Pengertian Kebudayaan

Prof. Dr. Koentjoroningrat mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusiadalam rangka kehidupanbermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Menurut Ki Hajar Dewantara kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

Malinowski menyebutkan bahwa kebudayaan pada prinsipnya berdasarkan atas berbagai system kebutuhan manusia. Tiap tingkat kebutuhan itu menghadirkan corak budaya yang khas. Misalnya, guna memenuhi kebutuhan manusia akan keselamatannya maka timbul kebudayaan yang berupa perlindungan, yakni seperangkat budaya dalam bentuk tertentu, seperti lembaga kemasyarakatan.

E.B Taylor (1873:30) dalam bukunya Primitive Culture kebudayaan adalah suatu satu kesatuan atau jalinan kompleks, yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, susila, hukum, adat-istiadat dan kesanggupan-kesanggupan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

----------------------------------------------------

Republik Indonesia merupakan suatu Negara yang memiliki berbagai kekayaan, seperti kekayaan budaya dan kebudayaan, dengan beragam suku, bahasa lokal, dan juga adat membuat bangsa ini seakan tidak kekurangan akan budaya dan kebudayaan, sehingga membuat Bangsa ini terasa berbeda dengan Bangsa lainnya. Di berbagai daerah budaya sudah diturunkan secara turun-menurun kepada kaula muda yang nantinya akan menggantikannya menjadi sosok yang diperhatikan. Namun cukup disayangkan, akhir-akhir ini seakan budaya yang sudah melekat pada setiap orang sudah mulai memudar dan kalah dengan budaya luar sehingga membuat bangsa ini seakan lupa akan jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia.

Indonesia dikenal oleh dunia dengan budaya keramahtamahan dan sopan santunnya, dan sangat menunjung tinggi hal tersebut. Bahkan dari sejak masa kecil kita sudah diajarkan tatakrama yang baik, seperti berbahasa, menghormati orang yang lebih tua, dan masih banyak lainnya. Namun untuk saat ini terasa hal tersebut mulai memudar. Tidak jarang kita melihat atau mendengar ada anak yang membangkang dari kedua orang tuanya, bisa kita bayangkan jika pada kedua orang tuanya saja seperti itu bagaimana dengan yang lain?. Dilihat dari sisi cara berbahasa dan berbicara, rasanya sudah jauh dengan apa yang seharunya terutama pada generasi muda. Tidak jarang kita mendengar kata-kata yang tidak sepatutnya diucapkan namun teteap diucapkan. Semua itu membuktikan sudah lunturnya budaya yang seharunya Bangsa Indonesia miliki terutama pada generasi muda, dimana pada tangan generasi muda inilah arah kemudi Negera Indonesia dipegang. Jika pada generasi muda mengalami kehancuran maka tidak perlu menunggu untuk kehancuran Bangsa ini.

Selain budayanya, Indonesia juga memiliki berbagai kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayannya masing-masing, bahkan dalam suatu daerah dapat memiliki lebih dari satu kebudayaan yang dimilikinya sehingga kebudayaan pun menjadi ciri khas dari suatu daerah. Dengan banyaknya kebudayaan yang dimiliki, maka Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kebudayaan, dan tak jarang pula kebudayaan Indonesia diapresiasi oleh bangsa dan Negara lain. Maka dari itu, kita sebagai Bangsa Indonesia sepatutnya dapat menghargai dan melestarikan kebudayaan sendiri agar kebudayan yang telah ada dapat lestari dan dapat terus dilihat oleh generasi-generasi berikutnya.

Kita sebagai generasi muda sekaligus Bangsa Indonesia dituntut untuk dapat mengetahui, mempelajari, menghargai, dan juga turut melestarikan budaya dan kebudayaan yang dimiliki. Sehingga budaya dan kebudayaan tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya dan juga agar tidak diklaim oleh Negara lain.

Referensi :
http://historikultur.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-budaya-dan-kebudayaan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Mahdif Indiarto
13415987
1IB01
Ilmu Budaya Dasar